Lili Pintauli Siregar Mundur dari KPK

Lili Pintauli Mengundurkan diri sebelum sidang
LIGAPEDIA X WORLD CUP QATAR 2022

Strategibola.com – Wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Lili Pintauli Siregar akhirnya menghadiri sidang perdana dugaan pelanggaran etik gratifikasi terkait balapan MotoGP Mandalika 2022 di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dari Pertamina. Sebelumnya, Lili Pintauli mangkir dari panggilan Dewan Pengawas atau Dewas KPK pada selasa 5 juli 2022.

Read More
banner 300x250

Namun, ada kejutan saat sidang dugaan pelanggaran etik gratifikasi tersebut. Sebab,  Lili Pintauli telah mengundurkan diri dari jabatan sebagai wakil ketua KPK dan keluar dari lembaga antirasuah tersebut.

“Telah menerima dan membaca surat pengunduran diri itu terhitung tanggal 11 Juli 2022 yang ditujukan kepada Presiden jokowi yang tembusannya disampaikan kepada Dewas KPK RI dan keppres RI No. 71/P/2022 11 Juli 2022 tentang pemberhentian Pimpinan KPK yang isinya memberhentikan Saudari Lili Pintauli sebagai wakil ketua merangkap anggota KPK masa jabatan 2019 – 2023, terhitung mulai 11 Juli 2022,” ucap ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean dalam sidang etik, Senin 11 Juli 2022.

Menurut Tumpak, lantaran Presiden joko Widodo atau Jokowi sudah menetapkan pemberhentian Lili sebagai komisioner KPK, maka sidang dugaan pelanggaran etik penerimaan grafitikasi tersebut tak dilanjutkan.

Lili Pintauli Terjerat Kasus etik gratifikasi

“Maka terperiksa tidak lagi berstatus sebagai insan komisi, sehingga dugaan pelanggaran etik tidak dapat dipertanggung jawabkan lagi.  Dengan demikian, cukup alasan untuk menyatakan persidangan etik gugur dan tidak dilanjutkan persidangan etik,” kata ketua Dewas KPK itu.

Bahkan pada 30 Agustus 2021, Dewas KPK menjatuhkan sanksi berat terhadap Lili Pintauli berupa potongan gaji pokok sebesar 40 persen selama 12 bulan. Lili terbukti melanggar kode etik karena berkomunikasi langsung dengan pihak berperkara, yakni Wali Kota Tanjungbalai Nonaktif M Syahrial.

Related posts